Cara merawat sendok kayu madu

 

Sendok kayu biasa ditemukan dalam peralatan dapur. Tahukah Anda, alat ini bisa digunakan selama bertahun-tahun dengan sedikit perawatan?

Berikut tips untuk membersihkan, menghilangkan minyak, dan menghilangkan bau pada sendok kayu, seperti diulas Tipnut.

Kapan harus digunakan?Idealnya, sendok kayu cocok digunakan untuk peralatan memasak antilengket karena tidak akan merusak permukaan teflon saat mengaduk saus yang panas, memasak gulai, menggoreng, dan lainnya. Selain itu, Anda tidak akan perlu khawatir gagang sutil menjadi panas. Sendok kayu juga bisa untuk mencampur makanan dan aman untuk makanan panggang.

Apakah tidak aman untuk memasak?

Dengan perawatan yang tepat, sendok kayu tidak akan berbahaya dibandingkan bahan yang lain. Kayu sendiri merupakan antibakteri alami. Jadi, kecuali jika Anda ingin memotong atau ingin menghancurkan makanan utuh yang tidak tahu kapan hancurnya, maka alat ini sangat membantu.

Cara membersihkan

Membersihkan sendok kayu sangat sederhana, yaitu gunakan air hangat, sabun (sebaiknya sabun cair), bilas sampai bersih, lalu keringkan atau biarkan kering dengan diangin-anginkan.

Bisakah dicuci menggunakan mesin cuci piring?

Tentu! Tapi, sayangnya akan cepat rusak, mungkin akan melengkung dan Anda akan sering menggantinya. Jika memiliki sendok favorit atau yang berkualitas baik, maka sebaiknya cuci dengan tangan. Jangan biarkan sendok kayu yang kotor tergeletak di wastafel, segera cuci setelah digunakan.



Untuk kehigenisan

Cuci sendok kayu dengan campuran sabun dan air hangat. Bilas lalu rendam di dalam cairan cuka dan air dengan perbandingan 50:50 selama 5 menit. Bilas, tepuk-tepuk dengan kain kering untuk menyerap kelembapan, lalu biarkan kering sendiri.

Bagaimana dengan sisa minyak dan bumbu yang masih menempel?

Olesi dengan minyak zaitun hangat lalu bungkus dengan handuk kertas dan panaskan di dalam oven dengan suhu 177 derajat Celsius selama 2-3 menit. Cara lain, tambahkan sedikit garam ke dalam minyak jika Anda berencana menggunakan sendok kayu untuk memasak.

Dapatkah rusak akibat pemanasan?

Anda bisa menggunakan mineral atau minyak almond sebagai gantinya dan biarkan selama 24 jam sebelum digunakan. Untuk membantu menghilangkan minyak, caranya rendam dengan benar, bungkus dengan plastic wrap, dan biarkan semalam. Bisa juga merendam di dalam air garam selama beberapa jam, tepuk-tepuk hingga kering, lalu minyaki. Cara ini membantu melapisi kayu agar sendok kayu bertahan lama.

Menghilangkan bau

Rendam larutan baking soda yang terbuat dari 1 sdm baking soda dengan 2 cangkir air hangat. Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih. Atau, buat pasta baking soda lalu gosok ke sendok kayu, biarkan selama 45 menit hingga sejam lalu bilas sampai bersih.

Kapan sendok kayu harus diganti?

Ketika sendok kayu mulai ada retakan, terbelah, dan celah yang dapat menjebak sisa makanan masuk diselanya.

Bagiamana memnghilangkan noda dan permukaan yang kasar?

Cobalah menggosok bintik-bintik yang kasar pada permukaan sendok kayu dengan amplas. Bisa juga dengan merendam sendok kayu cuka dan air sebelum diamplas.

Sumber: Okezone

Comments are closed.